Ekonomi Profetik: Sebuah Pengantar

Salam,

Awalnya, keinginan untuk menyelamatkan ide-ide dan pikiran-pikiran saya tentang berbagai hal terutama yang terkait dengan ekonomi dan keuangan Islam atau syariah akhirnya saya beri tulis blog ini. Banyak gagasan dan pikiran yang sebenarnya menarik, berlalu begitu saja tanpa berhasil dijaring dan diracik menjadi sebuah tulisan. Walaupun sebenarnya saya sudah membuat beberapa cara agar ide-ide itu ‘terselamatkan’ tetapi tetap saja banyak yang lolos. Misalnya, saya selalu bawa buku kecil dalam tas saya untuk menulis hal-hal yang kira-kira menarik untuk untuk ditulis. Saya juga akhirnya membeli sebuah komunikator dengan alasan agar ketika saya sedang menunggu sesuatu ada yang saya ketik-ketik, sebab kalau mengeluarkan laptop tentu agak ribet. Nggak mungkin kan, lagi antre di toilet umum sebuah pusat perbelanjaan saya sibuk ngetik di laptop. Oh ya, saya juga menyiapkan buku kecil dan pulpen di satu sudut kamar mandi di rumah untuk menangkap ide-ide yang melintas. Cara-cara ini saya sebut sebagai “idea security network” atau jaring pengaman ide.

Sebelumnya, saya pernah mempunyai beberapa blog tetapi kemudian saya tutup karena beberapa alasan. Sekarang saya membangun blog baru yang lebih serius yang bertujuan untuk membagi gagasan dan pemikiran saya tentang ekonomi dan keuangan syariah.

Saya memberi nama blog ini “Ekonomi Profetik” agar ada nuansa lain. Biasanya tulisan-tulisan ini masuk dalam genre “Islamic Economics”. Saya ingin memberi istilah baru. Tentunya ada alasan mengapa saya sebut ‘profetik’. Kapan-kapan akan saya ulas apa yang saya sebut sebagai ‘ekonomi profetik’ itu.

Rencananya, blog ini akan berisikan tulisan-tulisan saya mengenai ekonomi dan keuangan syariah. Namun, sepertinya akan lebih banyak mengulas tentang perencanaan keuangan syariah dan pengelolaan kekayaan atau istilah wong kulonnya: Islamic Financial Planning and Wealth Management. Saya tertarik mengulas hal ini karena manfaatnya dapat dirasakan langsung dalam kehidupan keuangan sehari-hari.

Tentu saja, tulisan-tulisan lain di luar tema itu sesekali akan muncul. Tapi semuanya masih masuk dalam tema besar ekonomi dan keuangan syariah.

Sementara ini dulu pengantar dari saya. Terimakasih telah berkunjung ke blog sederhana ini. Any constructive comments will be very much appreciated. Mudah-mudahan ada manfaatnya.

Wassalam,

NMA

This entry was posted in General and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s